Wednesday, May 8, 2013

Festival IKEBANA

Pajangan di pintu masuk

Hai.. hai.. Sudah pada tahu Ikebana belum? Karena letak kantor yang segedung dengan Japan foundation, jadi aku sering banyak dapat banyak info mengenai festival, baik itu film, pertunjukan ataupun yang lainnya termasuk festival ikebana ini. Sebenarnya festival Ikebananya sudah lama sih, tapi aku telat banget postingnya. Awal tahu ikebana itu ya dari waktu les bahasa Jepang, disana disebutkan selain ada kendo, kabuki dan ikebana. Bayanganku saat itu dan mungkin sampai bulan lalu sebelum aku lihat festival ikebana langsung masih sama, ikebana itu ya seperti merangkai bunga, layaknya ibu-ibu PKK yang sedang mengadakan lomba antar RT (Rumah Tangga bukan ReTwit ya) dan ternyata beda banget.

Hmhh, bagi yang masih belum begitu paham dengan IKEBANA, aku mau sedikit share. Karena tetiba aku juga penasaran asal usul dari ikebana itu dari mana. Googling aja dan akhirnya aku merangkumnya dari ini dan ini juga. Here we go.

I love the purple flowers

One of my fave ikebana, campuran warnanya simple

Ikebana merupakan seni merangkai bunga dari Jepang yang telah dipraktikkan selama lebih dari 600 tahun.
Ikebana dikembangkan dari ritual Budha yang awalnya digunakan untuk menawarkan persembahan bunga untuk roh-roh orang mati.
Pada pertengahan abad kelima belas, dengan munculnya gaya klasik pertama, Ikebana mencapai status seni independen yang bebas dari kaitan dengan agama.
Para praktisi Ikebana awal umumnya adalah pendeta dan kaum bangsawan. Namun, seiring waktu, banyak gaya berbeda yang akhirnya muncul, Ikebana pun mulai dipraktikkan di semua lapisan masyarakat Jepang.

Awal Ikebana di Jepang
Awal Ikebana dapat ditelusuri bersamaan dengan masuknya agama Budha ke jepang pada abad ke-6.
Ikebana pada awalnya menjadi bagian dari ibadah persembahan bunga untuk menghormati Budha.
Di India, tempat kelahiran agama Budha, bunga-bunga ditempatkan sangat informal dan kadang-kadang berserakan di altar.
Pada abad ke 10, orang Jepang mulai menyajikan persembahan bunga mereka dalam rangkaian yang diletakkan dalam suatu wadah atau vas.
Waktu pertama kali llihat rangkaian bunga ini, aku mikirnya "ini maksudnya apa ya?"  atau "ini sulit banget sepertinya" dan "ini bagus banget" sebenarnya karena aku ngga paham ikebana, jadi yang aku foto bukan tampak keseluruhan dari ikebana itu sendiri tapi malah pada bunganya yang cantik-cantik :D . Oh ya satu lagi yang aku bingungkan, ikebana itu mirip kungfu, mereka udah ada alirannya sendiri. Ternyata setiap negara bisa menganut aliran yang berbeda namun inti kesulitan dan pembutannya tak jauh beda. Banner putih di bawahnya itu ada tulisan alirannya

aliran Ohara

Aliran Ohara lagi 


Aliran Ikenobo

Saat ini yang ada di Indonesia serta resmi dan terdaftar pada The Japan Foundation, Jakarta ada 7(tujuh) Aliran yaitu ; Ichiyo, Ikenobo, Koryu, Mishoryu, Ohara, Sogetsu dan Shofu Kadokai.
Itu maksud alirannya. Dan aku masih belum tahu aliran itu karakteristiknya apa. Besok lagi kalau ada festival ikebana akan kutanyakan. Walhasil aku dan temanku cuma jeprat jepret sambil mengagumi ketelatenan yang membuatnya. See that pict? Beautiful, right?

Dan yang jelas, atas ketidak fokusanku aku malah foto bunga-bunga yang cantik, sekaligus mengasah kemampuan fotoku yang sudah lama belum ku asah lagi. Dan aku kasih judul untuk hasil jepretanku :D

Merah putih

beautiful pink and white

Sendiri tak berati kuat

My vitamin :D

we are stronger together

aku kamu dan dia :p

Sooo. cantik-cantik bukan? Mereka benar mengalihkan duniaku :)

Semoga ada festival ikebana lagi, nanti aku akan tanya ke ibu-ibu hebat itu.

Thanks for read my post

1 comment:

  1. Thanks ya buat ilmu nya, tapi pngen ijin dulu nih boleh yaa ... !! :D
    buat tugas jepang kok, ngutip sedikit aja gak copas enjoy aja,, oke ..! ntar aku kasih source nya juga kok ..!

    sebelumnya Arigato Gozaimasu !

    ReplyDelete

terima kasih yaa :)