Wednesday, January 19, 2011

Harta Karun selama 4 tahun ini

Menunggu maghrib, dan kepalaku mulai penat. Ingin segera tidur istirahat, tapi masih pengen posting blog bentar. Akhir ini, aku sering ngobrol dengan temen semasa kuliah. Seneng banget dan kangen dengan mereka tentuya. Dan kekangenan ini serasa terobati setelah aku menemukan harta karun saat babuhara hari kemarin. Babu alias bersih bersih kamar kosku, dan membereskan segala buku dan dokumen-dokumen, memilah milah mana yang aku anggap penting dan yang patut aku buang. Oke, setelah setengah jam berjalan, capek sangat dan cekikian sendiri mengingat pelajaran apa yang aku dapat dulu, dan begitu pinternya saya dulu (muji diri sendiri karena ngga ada yang muji). Sebenernya tujuan dari bersih bersih ini adalah mencari hard copy salah satu dokumen Profesor dari Belanda yang pernah ngasih seminar ke kampus, dari TU Delft, Netherland sono. Namaya Mr. Jeroen Rotterveel dan Prof. Dr. Eberhard Gill. Aku yakin, dokumen itu ada di salah satu tumpukan kardus-kardus yang ada di kamar ini. Aku cari dari kardus ke kardus, dan hasilnya nihil, malah menemukan harta karun yang lucu-lucu, ini semua aku dokumentasikan. Namun, setelah aku cari, tujuan utamaku malah ngga ketemu, tapi kabar baiknya, barang-barang di kamarku jadi ringkes, rapi dan lebih tertata :)

Penemuan awal yang paling excited adalah keplek mahasiswa baru saat aku orientasi dulu. Hal yang paling di benci dan wajib dilakukan saat masuk kuliah dulu, dan akhirnya paling berkesan dan yang paling aku cari. Harus dengan susah payah buatnya, dan akhirnya malah disalah-salahkan sama senior (nasib junior). Ini keplek kepunyaanku dan siska. Hihihihi, tampang kita culun-culun ya?

Keplek punyanya siska (nama samaran) hehhee

 Keplek akyuuuuu

Lama setelah itu, aku menemukan catatan catatan yang memang khusus aku buat rapi, karena mata kuliahnya susah, dan dosennya sangat disiplin juga enak menjelaskannya. Kalau pada posting harta karunku yang pertama, tulisanku yang lambat laun semakin jelek itu emang bener, tapi karena tuntutan kuliah, mau ngga mau kudu rapi, soalnya aku paling ngga bisa belajar kalo ngga pake catetanku sendiri. Dan inilah hasilnya.

 catatan Aplikasi DSP

 Catatan sinyal sistem

 kadang cover awal buku menentukan prestasi loo

 catatan DSP

 catatan Teknik Koding

 Buku rangkuman kalo mau ujian

 Jadwal kuliah itu perlu ada di setiap catatan, karena kadang lupa (serius ini)

 catatan jaringan telephoni
Menemukan sesuatu yang aku suka dulu, yaitu pelajaran Saluran Transmisi dan mengeplotkan impedansi dalam sebuah titik pada grafik yang namanya Smith Chart. Kenapa dinamakan Smith Chart? Ya karena yang nemuin namanya Pak Smith, kalo aku ya Furi Chart namanya :). Bener bener seneng aku pelajaran ini, selain menghitung dan teliti, ada pelajaran nggambarnya juga, tapi memang kudu telilti lo, dan terbukti dapet A dong :). Kata sapa anak teknik ngga tau undang-undang? Ada pelajaran yang namanya Kewarganegaraan, gurunya baik, enak ngajarnya, dan disiplin sekali. Ngga pernah telat, terus ngasih ujiannya juga ngga susah. Tapi yang paling diingat, beliau kalau ngajar bikin suasana kelas semakin hidup :). Tapi maaf, aku lupa lagi nama dosennya, hehhehe maaf  ya buu, dan sesegera mungkin saya ingat-ingat lagi. Dan yang paling diingat, kita harus punya kitab Undang-Undang dasar dulu.

 smith chart 1
 ngitung matching impedance

UUD 45 dan amandemen-amandemennya

Di kelas, aku paling bete kalau sudah pelajaran yang ngga aku suka dikombinasikan cara penyampaian yang kurang bagus, akhirnya aku dan rekanku selalu membuat catatan, yang aku dan dia saja yang tau. Dan sampe pernah kita beli suatu buku diary curhat di kelas. Bener, dengan siska ini partnerku yang memprakarsai, dan keterusan. Sayang bukunya ada di dia, jadinya contoh disini ada di catatanku waktu pelajaran Shell Programming :). Ya kalaulah tidak adatopik yang dibicarakan, aku sering menulis 'apakah yang dimaksud dengan makanan yang mengandung gizi itu?' kalo ngga gitu yang nyoba tanda tangan (impian jadi direktur sama menteri soalnya)

wahahhah, ngrasani dosen nih (please, jangan ditiru)

lagi males dan lapar, makanya nulis nulis ngga jelas 

Ingin tau, seperti apa ujianku dulu? ini contohnya dan hasilnya yang aku dapat. Ujian 4 tahun kuliah bener-bener ngga berubah, karena posisi menentukan prestasi, tapi aku selalu duduk di depan. Eh ngga ding, pernah juga di belakang kok.
 entah kenapa aku cinta dengan Rangkaian Listrik, liat duluu sapa dosennya?? :))

 Soal ujian Teknik Coding


Yang terakhir, dan pastinya ngga aku ketawain, karena menyangkut sidang di akhir karirku kuliah di D4 Teknik Telekomunikasi. Adalah sidang Kerja Praktek dan Sidang proposal yang berurutan sidangnya. Dan jelaslahm karena ini yang pertama, maka nervousnya bangeeeeeeeet. Dan semuanya kudu perfect. But now, see..... I can give it some smile, its my history now. And I can say, I can pass it well :)

 Cover awal Laporan Kerja Praktek

 Naaah, ini form revisi setelah seminar proposal Tugas Akhir

 tanda tangan penguji dan pembimbing

Oh ya, untuk hard copy Profesor dari Netherland  itu ternyata, ada di tempat yang selalu aku lihat dibungkus bagus, dan tidak perlu bongkar bongkar seperti ini tadi. Ngga sampe makan waktu 3 jam, kalau aku ingat. Dan mulai detik itu, semua kardus aku kasih tanda nama-nama barang yang ada di dalamnya. Ya emang lupa, ma'fu kan hukumnya? But, overall, penemuan harta karun ini cukup menyenangkan, dan berharap, ada harta karun lain yang aku temukan, dan pastinya sangat berkesan. Sholat dulu yaaa

No comments:

Post a Comment

terima kasih yaa :)